10 Mei 2016

Cara Ampuh Mengatasi Andorid Lemot / Lambat Loading


Selamat Siang sobat...!!!

Sobat sudah pastinya familian dengan Operating System yang satu ini. Ada banyak Sistem operasi yang di tanamkan di sebuah smartphone. Diantaranya Android, iOS, Windows dan lain-lainnya. Nah di artikel kali ini admin akan mengupas tuntas tentang cara Ampuh Mengatasi Android Lemot / Lambat Loading. Melihat dari judul artikel ini sobat sudah tau kalau artikel ini mengarah ke Sistem Operasi Android.

Gambar Android Lemot
Gambar Android Lemot

1. Hapus Cache pada Memori Internal

Para sobat disini mungkin belum terlalu familiar di telinga sobat tentang Cache di memori internal. Sebelum membahas lebih jauh, sobat perlu mengetahui bahwa Cache adalah penyimpanan memori sementara pada perangkat Android. Keberadaan cahce di hp sobat akan terus bertambah, dan tentu saja  cache tersebut mengambil banyak memori dan alhasil akan membuat smartphone sobat akan menjadi lambat atau lemot untuk mengakses aplikasi.

Untuk mengatasi hal sedemikian sobat perlu mengantisipasi dengan mengistal dan menerapkan aplikasi yang mambu membersihkan cache pada perangkat Andorid sobat. Nah contoh aplikasi yang dapat sobat download di PlayStore seperti Clean Master, CCleaner.


2. Periksa Kapasitas Memori yang Tersisa

Sebahagian sobat pasti sudah tau alasan utama kinerja Smartphone Andorid sobat melambat yaitu banyaknya aplikasi yang sobat Download sehingga membuat Ruang penyimpanan smartphone sobat akan sedikit tersisa.

Perlu sobat tau, bahwa batas minimal untuk kinerja Android tampa hambata adalah 20% dari total memori yang tertanam di smartphone sobat. Jadi bila smartphone sobat memiliki kapasitas penyimpanan 4GB, maka penyimpanan yang tersisa minimal 512MB memori yang tidak terpakai atau yang tidak di gunakan. Apabila sobat mau menambah aplikasi saran admin sih install saja di memori External.

3. Hindari Menggunakan Aplikasi Launcher

Nah bagi sobat yang sering menggunakan Aplikasi Launcher Launcher biasanya tujuannya utama memasangnya yaitu untuk mempercantik dan mengustomisasi perangkat sesuai dengan kemauan sobat. Nah, sayangnya dengan aplikasi Launcher ini, malah menyebabkan menurunnya performa atau kinerja smartphone Andoid sobat. Tentunya hal ini disebabkan karena tidak sesuainya Animation Setting yang terdapat pada launcher yang sobat gunakan sehingga memakan banyak daya dan kapasitas memori dari Smartphone Andorid sobat.

4. Restart ke Mode Pemulihan Pabrik 

Dari cara yang admin ulas diatas, cara yang paling mudah dan simple adalah dengan me-restart, maka kinerja atau performa smartphone android sobat akan kembali seperti baru di beli. Namun cukup di sayangkan metode me-restart ke mode setelan pabrik akan mengakibatkan aplikasi-aplikasi yang telah sobat download / unduh ke memori internal akan terhapus.

5. Hindari Mengistal Aplikasi yang Tidak di gunakan

Setiap meng-istall aplikasi pada smartphone sobat, coba periksa Pengaturan / Settingan terlebih daluhu, untuk mengetahi kapasitas memori, Baik internal memeroi atau malah mengurangi kapasitas RAM yang tersedia. Perlu sobat ketahui bahwa kapasitas RAM sangat memepengarhi kinerja / performa smartphone android sobat. Intinya seperti ini

"Semakin tinggi RAM dari Smartphone maka akan jauh kata "LEMOT" di smartphone"

Terlebih lagi bagi sobat yang hobi bermain game di smartphone, Saran admin, lebih baik pilih smartphone dengan kapasitas RAM diatas 1GB. Sobat juga dapat menambahan memori Eksternal dan memindahkan aplikasi pada memori internal ke memeri Eksternal agar kinerja / performa smartphone andorid sobat lebih maksimal.

Gimana menurut sobat, cukup simple cara  yang admin bagikan kali ini. Nah, bagi sobat yang sudah membaca serta menerapkan tips di atas, jangan lupa kasih saran dan komentar di bawah di kolom komentar demi perbaikan artikel selanjutnya di blog ini. Terimah kasih buat sobat yang sudah mampir,

Kalaupun ada pertanyaan dari sobat serta masukan dari sobat buat membangun blog ini,, itu yang admin harapkan demi terbangunnya blog ini di mendatang. Akhir kata. Wasssalamu alaikum wr. wb

Artikel Terkait

This Is The Newest Post


EmoticonEmoticon